Pimpinan DPRD Jabar Lakukan Kunker dan Pembagian APD di Dua RSUD Jabar

SOROTBERITA.COM

BANDUNG – JABAR | Pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat hari ini, Rabu (15/4/2020), melakukan Kunjungan Kerja (kunker) dan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) di dua rumah sakit daerah yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan, Kabupaten Bandung dan RSUD Cibabat, Kota Cimahi.

Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (purn) Taufik Hidayat merasa kagum terhadap perkembangan kedua rumah sakit, terutama RSUD Al Ihsan setelah lama tak mengunjungi.

“Ya, saya bersama dengan unsur Pimpinan DPRD Jawa Barat, terus terang saya secara pribadi terkejut melihat perubahan yang ada di RSUD Al Ihsan ini. Saya tidak menyangka Rumah Sakit (Al Ihsan) seperti ini,” kata Taufik memuji perkembangan RSUD Al Ihsan.

Pada kesempatan sama Taufik mengatakan siap membantu memajukan rumah sakit Al Ihsan.

“Kewajiban kami semua yang rombongan ini untuk membantu Rumah Sakit Provinsi ini semaksimal mungkin,” cetusnya.

Taufik juga mengatakan akan menindaklanjuti permintaan dari Direktur RSUD Al Ihsan, Dewi Basmalah perihal permohonan bantuan alat kesehatan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Terkait apa yang diminta oleh Ibu Direktur (RSUD Al Ihsan) akan kita ajukan ke Gubernur melalui tembusan kami (DPRD Jabar), dan kami akan maksimal mengusahakan apa yang diminta oleh Rumah Sakit Provinsi ini,” ujar Taufik.

“Insya Allah, saya yakin, kalau pak Gubernur ada rasa dan punya keterbukaan hati tentu itu bukan hal yang berat,” kata Taufik menambahkan.

Menurut orang nomor 2 Jabar itu, RSUD Al Ihsan juga akan melayani para pasien terinfeksi COVID 19.

“Rumah Sakit Al Ihsan siap melayani COVID 19 yang tadi sudah disampaikan Ibu Direktur. Bahwa telah disediakan kurang lebih 31 ruangan yang siap menangani pasien COVID 19,” tutur dia.

Ketua DPD Gerindra Jabar itu terus menegaskan akan memfasilitasi permintaan Direktur rumah sakit agar rumah sakit provinsi itu benar benar diperhatikan, menimbang RS tersebut milik Pemda Jabar.

“Pokoknya kita akan maksimalkan untuk RSUD ini yang terbaik ke depan. Saya akan menggedor hatinya pak Gubernur dan di lain waktu saya akan mengajak pak Gubernur ke sini,” tegas Taufik.

Direktur RSUD Al Ihsan Dewi Basmalah mengaku berterima kasih atas kunjungan pimpinan DPRD Jabar.

“Pertama saya ingin ucapkan terima kasih kepada pak Taufik (Ketua DPRD Jabar) yang sudah memberikan bantuan. Saya juga mengapresiasi kedatangan Bapak dan rekan-rekan Pimpinan DPRD Jabar, yang sudah melihat langsung kondisi Rumah Sakit Provinsi (Al Ihsan),” tutur Dewi.

Menurut Dewi, RSUD Al Ihsan kini menjadi salah satu RS rujukan Provinsi Jabar dalam menangani berbagai penyakit.

Terkhusus untuk pasien terinfeksi COVID 19, kata dia, RS di bawah naungannnya itu sanggup memfasilitasi.

“Kita adalah salah satu rumah sakit rujukan untuk Provinsi saat ini sedang menyiapkan 170 bed (tempat tidur pasien) untuk COVID 19, yang untuk zona kuning dan hijau. Kalau yang (zona) merah, sebenarnya kita sudah menyiapkan 31 hanya saja belum dilengkapi fasilitas yang lebih bagus,” tukasnya.

Tak hanya itu, Dewi juga mengatakan seandainya kasus infeksi COVID 19 meningkat, pihaknya tak sungkan menyediakan seluruh fasilitas dan tempat yang ada untuk penanganan COVID 19.

“Insya allah seratus persen seluruh tempat ini (RSUD Al Ihsan) akan kita alokasikan untuk COVID 19,” pungkas Dewi. RED/H&R